Lintas Mutiara 294

Belajar pada kupu-kupu

Oleh : BundaSriMin

Kupu kupu binatang yang memiliki bentuk sangat indah, berwarna warni, terbang dan hinggap pada bunga yang harum semerbak mewangi.

Untuk menjadi kupu kupu yang indah butuh proses panjang, yaitu metomorfosis atau perubahan dari ulat, kepompong lalu menjadi kupu kupu.

Proses menjadi kupu kupu dapat dijadikan pembelajaran pada manusia, tidaklah manusia terlahir dalam kondisi sukses, berhasil dan hebat, tentu diawali dari ketidak tahuan atau ketidak berdayaan, dengan menjalani proses usaha, belajar dan melakukan perubahan, meditasi atau memahami potensi diri, selanjutnya dikembangkan untuk menjawab tujuan hidup manusia yaitu pemimpin di muka bumi yang menebarkan kebaikan dan kemanfaatan.

Semua manusia bisa menjadi yang terbaik, asalkan ada kemauan melakukan perenungan dan perubahan.

Tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan, tetapi yaqinlah

ulat yang menjijikkan bisa menjadi kupu kupu yang sangat indah, apalagi manusia sebagai mahluk lebih sempurna dari kupu kupu pasti lebih bisa dan mampu.

Perubahan yang wajib dilakukan adalah pada pola pikir dari destruktif ke konstruktif, negatif ke positif, kecil ke besar, sederhana ke kompleks, rendah ke tinggi, dan itu yang  akan menentukan sikap, perilaku, konsep hidup manusia dan menjadikannya sukses di berbagai bidang.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.