hari air 2019

Air Bersih ‘Milik Kita’ Bersama

oleh : dr achmad budi karyono

Hari Air Sedunia (World Water Day) 2019 mengangkat Tema ‘Water for All, Leaving No One Behind’.

Mungkin kita pernah atau sering menjumpai seseorang minum air dari gelas atau botol minuman, namun masih menyisakan dan akhirnya harus dibuang. Atau bahkan seseorang yang dengan sadar cuci tangan atau untuk membasuh bagian tubuhnya memakai air kemasan yang seharusnya untuk minum, dan seharusnya pula dihemat. Dengan kata lain, kesadaran seseorang akan sangat pentingnya menghemat air minum atau air bersih masih sangat kurang.

Hari ini 22 Maret diperingati sebagai hari air sedunia, antara lain dengan harapan penduduk dunia memahami akan pentingnya air bersih dan bagaimana memperlakukannya dengan baik. Karena diseluruh pelosok dunia masih rendah dalam mempergunakan air dengan benar. Padahal air yang dikaruniakan Allah SwT kepada makhluknya dan kepada kita hanya sekitar 3% dari seluruh air yang ada di bumi. Sisanya adalah air asin yang berada di lautan luas. Air yang 3% ini dibagi untuk seluruh penghuni dunia, tidak hanya manusia. Binatang ,tumbuhan serta yang lain juga memerlukan air. Betapa naifnya kita seandainya setelah hari ini masih saja menyia nyiakan air bersih, yang sesungguhnya jumlahnya hanya sangat terbatas.

Manusia perharinya membutuhkan sekitar 150-200 liter air bersih per orang untuk kebutuhan hidup. Itupun tidak setiap orang bisa mendapatkan. Banyak masyarakat dunia yang sehari harinya kesulitan untuk mendapatkan air bersih, bahkan mereka menggunakan air yang tidak layak pakai untuk mencukupi kehidupannya.

Di dalam tubuh manusia pun sebagian besar terdiri dari unsur air, sehingga manusia benar benar tidak bisa dipisahkan dengan air. Kita harus pula menjaga dan merawat sumber air bersih yang ada serta menjaga kelestariannya.

Oleh karena itu kita harus berupaya untuk menyelamatkan air bersih dunia ini, antara lain dengan cara memberi advis kepada orang lain agar menggunakan air sesuai kebutuhan dan tidak menyia nyiakan. Kita mulai dari diri sendiri dan keluarga atau teman sahabat terdekat disekitar kita. Untuk menjaga kesehatan diri kita pun selalu terkait dengan air. Hematlah air untuk kita dan anak cucu kita. Semoga kita selalu sehat.