Lintas Mutiara 330

Kesan

Oleh : BundaSriMin *)

Pertemuan seseorang dengan orang lain terkadang bisa menimbulkan kesan yang mendalam dan sulit terlupakan, tetapi ada juga yang tidak terkesan sama sekali, lewat atau berlalu begitu tanpa memiliki arti apa apa.

Kesan memiliki arti bekas atau yang dirasa (dipikir), sesuatu menjadi terkesan apabila memiliki kecocokan dengan apa yang kita suka atau kita kagumi.

Untuk menimbulkan kesan yang mendalam pada orang lain, unsur yang dimunculkan yaitu kekhasan atau ciri khusus yang baik, indah dipandang dan nyaman dijadikan teman, saling ada penghormatan, dan komunikasi yang nyambung serta menebarkan kemanfaatan pada banyak orang. Kesan kebaikan akan terasa sepanjang masa.

Hal ini sangat tepat bila diterapkan pada strategi pembelajaran oleh para pendidik, bagaimana membuat peserta didik terkesan pada keberadaan pendidik, karena bisa dijadikan teman bercanda dan bercengkerama serta curhat dalam suka maupun duka, menjadi inspirator dalam mengembangkan potensi meraih prestasi.

Menyiapkan diri memiliki mental terpuji pasti akan meninggalkan kesan penuh arti pada orang yang ditemui dan mampu mengerti.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Bojonegoro, 26 April 2019

*)DR Sri Minarti Dekan Fak Tarbiyah IAI Suri Bojonegoro