Lintas Mutiara 331

Tak Seperti yang Terlihat

Oleh : BundaSriMin

Seorang anak laki laki tampak dari luar biasa biasa saja, potongan rambut tidak rapi, model tubuh tambun, intinya bila dipandang sekilas tidak menimbulkan kesan yang menarik.

Ternyata tak seperti yang terlihat, dalam perjumpaan tidak lama Ia berkisah, sehabis merampungkan pendidikan SI ia balik ke rumah untuk menemani ibunya yang terkena stroke, karena ayahnya barusan meninggal, Ia minta adiknya perempuan untuk kuliah, sehabis itu ia  pertemukan temannya dengan adik siapa tahu berjodoh, dan ternyata Allah mengabulkan niat baik tersebut.

Selama enam tahun ia keluar dari pekerjaan yang menuntut harus jauh dari rumah, dan meredam gejolak usia muda, untuk menemani Sang Bunda, sungguh mulia hatinya, setelah ada yang menemani Sang Ibu barulah ia ke luar kota melanjutkan profesinya.

Ada juga orang yang terlihat dari luar santun, murah senyum, dermawan, tetapi pada kenyataannya tidak seperti yang terlihat, itu semua dilakukan hanya untuk orang lain, bukan untuk keluarga atau orangtua dan mengharap ridloNya,  tetapi hanya sebagai bentuk pencitraan agar menimbulkan kesan baik.

Memandang sesuatu perlu waktu, tidak bisa hanya sambil lalu, apa makna dibalik perilakunya, adakah suatu ketulusan mengharapkan ridloNya atau sekedar tipuan belaka.

Kurang tepat bila baru melihat sekali langsung membuat kesimpulan tentang kepribadian seseorang, perlu penyelidikan juga siapa yang menjadi teman dekatnya, mengapa? Agar tidak ada penyesalan di kemudian hari karena kesalahan diri dalam memberi arti atau menafsirkan sesuatu.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Purwosari, 27 April 2019