Lintas Mutiara 335

Hari Pendidikan Nasional

Oleh : BundaSriMin *)

Hari Pendidikan Nasional, diperingati untuk mengenang sosok yang sangat berjasa pada dunia pendidikan, sering mengkritik sistem pendidikan pemerintah Belanda pada masa itu, dan memberikan solusi yaitu konsep pendidikan Tutwuri Handayani yang masih digunakan sampai saat ini, beliau adalah Ki Hadjar Dewantara, yang lahir tanggal 2 Mei 1889, dan untuk mengenang jasa serta perjuangannya setiap tanggal 2 Mei selalu diperingati sebagai Hardiknas.

Esensi memperingati HARDIKNAS seharusnya tidak sekedar upacara ataupun tampilan para siswa yang terkesan dipaksakan, tetapi adanya komitmen mengadakan perubahan dan mengimplementasikan konsep pendidikan yang sudah dirumuskan berdasarkan hasil penelitian ataupun analisis yang matang.

Kata kuncinya adalah perubahan, yang harus dilakukan bersama sama oleh komponen bangsa, yaitu pemerintah, masyarakat, pendidik maupun peserta didik, dengan sekuat tenaga menjalankan sistem pendidikan agar lebih baik lagi, atau berkualitas.

Konsep kurikulum (K 13) yang ditawarkan oleh pemerintah, dalam hal ini kemendikbud sebenarnya sudah sangat tepat untuk membangun atau membentuk anak bangsa sesuai tuntutan jaman, karena dalam kurikulum tersebut harus memuat unsur Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), literasi baik dalam pembelajaran maupun pada lingkungan, memuat unsur pendidikan abad 21 yang dikenal dengan 4 C yaitu Comunication (komunikasi), Colaborative (kolaborasi) Critical Thinking (berpikir kritis), dan Creativity (kreativitas dan inovasi), dan melatih peserta didik agar terampil dan mampu berpikir tingkat tinggi Higher Order of Thinking Skill disingkat dengan HOTS.

Apabila komponen pendidikan sudah ada kesadaran untuk mengimplementasikan sistem pendidikan yang berkualitas, barulah akan bisa menjawab teori “Bahwa dengan pendidikan akan mengeluarkan manusia dari lingkaran setan kebodohan dan kemiskinan”.

“Dengan pendidikan membangun manusia yang benar benar sehat jasmani, ruhani dan akal budi”.

Sungguh sistem dan implementasi pendidikan yang baik menjadi kebutuhan dan harga mati  yang tidak bisa ditawar oleh segenap komponen Bangsa Indonesia, agar ada peningkatan status dari Negara berkembang menjadi Negara maju melalui Pendidikan berkualitas.

Selamat Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2019

Dengan harapan selalu ada kesungguhan untuk mengadakan perubahan dan peningkatan kualitas dalam dunia pendidikan, di Bojonegoro khususnya

Purwosari, 2 Mei 2019

 

*) DR Sri Minarti Ketua Dewan pendidikan Kab. Bojonegoro