Lintas Mutiara 337

Terbentuk

Oleh : BundaSriMin

Berbagai macam  karakter atau kebiasaan manusia dapat dilihat setiap harinya pada saat mereka menjalankan aktivitas.

Sesungguhnya perbedaan kebiasaan terbentuk sejak kecil oleh orangtua, dalam perkembangannya kebiasaan ataupun kekuatan mental dibentuk oleh pendidikan dan lingkungan.

Pada dasarnya karakter manusia akan terbentuk sangat kuat apabila ada contoh nyata yang dilakukan oleh orang dewasa di sekitarnya.

Ketika ada anak yang memiliki mental lemah gampang menyerah dan putus asa, bisa jadi mereka terbentuk dari lingkungan yang memanjakannya, dan tidak pernah diberi kepercayaan untuk mengatasi permasalahannya sendiri.

Sebaliknya orang yang memiliki kekuatan mental tahan uji, berperangai penuh kasih, karena terbentuk oleh keteladanan yang baik dari orang sekitarnya.

Terbentuknya karakter diri melalui proses yang panjang, tidak bisa instan, melewati berbagai ujian, rintangan, hambatan, cobaan, dan semua harus dijalani dengan hasil kategori atau predikat lulus.

Bulan Ramadlon bisa dijadikan proses terbentuknya perilaku atau karakter lebih baik lagi bila dibanding dengan sebelumnya.

Memperbanyak kebaikan, berteman dengan orang yang saling mengingatkan hal baik, berada di lingkungan yang baik pula, sehingga tidak mudah tergoda pada perilaku yang menyesatkan.

Pada akhirnya terbentuklah orang orang bertaqwa, berhati mulia, pemberani dan tahan uji.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Bojonegoro, 4 Mei 2019