Lintas Mutiara 354

Membangun Asa

Oleh : BundaSriMin

Harapan atau asa adalah bentuk dasar dari kepercayaan pada sesuatu yang diinginkan akan didapatkan (tercapai) atau suatu kejadian yang akan berbuah kebaikan di waktu yang akan datang. Pada umumnya harapan berbentuk abstrak, tidak tampak, namun diyakini bahkan terkadang, dibatin dan dijadikan sugesti agar terwujud.

Asa atau harapan merupakan kekuatan yang terdapat dalam diri seseorang, dan harus ditumbuhkan sebagai motivasi dalam menjalani hidup.

Seseorang yang sedang sakit, haruslah ada kepercayaan dan harapan sehat kembali seperti semula.

Seseorang yang sedang diuji dengan kekurangan haruslah ada harapan adanya perubahan menjadi berkecukupan.

Memang tidak mudah membangun harapan dan keyakinan serta kepercayaan tentang keberhasilan apa yang dicita-citakan, tetapi harus diupayakan, dari dalam diri dengan menyucikan hati agar memiliki kekuatan insting ataupun sugesti dan kesungguhan dalam berupaya, dari luar diri dapat didampingi oleh keluarga dekat dan para sahabat, serta selalu bermunajat padaNya.

Tidak adanya harapan hidup yang lebih baik lagi sama artinya dengan berputus asa, dan hal itu tidaklah ada pada jiwa orang bertaqwa.

Membangun harapan, hari ini pasti akan lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok pasti jauh lebih baik dari hari ini atas ridloNya, akan menjadikan pribadi yang kuat, tangguh bermental baja yang pantang menyerah.

Membangun kepercayaan dan kekuatan serta keyakinan pada ketentuan terbaik dan terindahNya untuk dijalani dengan rasa syukur dan istiqomah, serta memohon agar selalu dalam bimbingan dan petunjukNya adalah keniscayaan bagi kita semua.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Purwosari, 24 Mei 2019