IMG-20190507-WA0011

Lintas Mutiara 340

Batu Sandungan

Oleh : BundaSriMin

Perjalanan hidup manusia tak selamanya berjalan mulus sesuai dengan harapan dan perencanaan, pasti pernah mengalami batu sandungan.

Batu sandungan sebenarnya merupakan salah satu bentuk ujian kehidupan, bisa terjadi pada diri secara langsung atau pada orang orang terdekat yang sangat dicintai dan pada hakikatnya untuk kita juga, misalnya terjadinya batu sandungan itu pada keluarga kita.

Batu sandungan biasanya berupa permasalahan yang harus diselesaikan oleh manusia dengan arif dan bijaksana, seharusnya tidak ada umpatan atau menggerutu karenanya, rasa syukur atas semuanya tetaplah dikedepankan, agar lulus dan dapat melewati batu sandungan untuk menjadi manusia kuat tegar dan tahan uji.

Terjadinya batu sandungan bisa jadi disebabkan oleh kurangnya pemahaman (minimnya ilmu) atas  segala persoalan, sehingga tidak mampu menghindar, tetapi diterjang begitu saja, ada juga batu sandungan sebagai proses kenaikan tingkat kualitas manusia ke level atau derajat yang lebih tinggi.

Batu sandungan tidak akan bisa dihindari, tetapi harus dihadapi dan diselesaikan, menyiapkan segala potensi serta kekuatan adalah cara terbaik menyambutnya, puasa Romadhon juga salah satu cara peningkatan kualitas untuk menjadi manusia bertaqwa yang sebenarnya, agar dapat menyelesaikan batu sandungan itu.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Purwosari, 7 Mei 2019