Tafakur

Lintas Mutiara 344

Tafakur

Oleh : BundaSriMin

Tafakur adalah suatu perenungan dengan melihat, menganalisa, meyakini secara pasti untuk mendapatkan keyakinan terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan Allah.

Manusia dibekali akal oleh Sang Pencipta agar dapat digunakan berpikir atau menganalisa segala sesuatu peristiwa atau kejadian pada diri sendiri orang lain ataupun alam sekitar, untuk diambil pelajaran atau contoh nyata dalam menyelesaikan persoalan kehidupan.

Misalnya cara mengubur jenazah sesungguhnya belajar dari matinya seekor burung, apa yang dilakukan, yaitu dengan menggali tanah dan mengubur burung yang telah meninggal tersebut, peristiwa itu dicontoh oleh manusia, jadi pada hakikatnya segala sesuatu yang diciptakan olehNya sebagai pelajaran bagi orang orang yang mau berpikir.

Tafakur  sebenarnya bisa dijadikan proses refleksi diri dan menambah kekuatan keimanan padaNya, bahwa tidak selamanya yang menyakitkan, atau kegagalan dalam kehidupan dan membuat manusia sedih itu akan berdampak pada ketidak baikan, bisa jadi hal tersebut adalah proses menuju manusia yang lebih baik, mungkin tinggal menunggu waktu kapan manusia mendapat gelar terbaiknya.

Setiap manusia sangatlah perlu bertafakur atau merenung sejenak tentang diri sendiri, biasanya akan tumbuh suatu kesadaran bahwa masih banyak kekurangan, keterbatasan, ketidaksempurnaan, sekaligus kekuatan dan potensi diri, maka dengan selalu mendekat dan bermunajat padaNya sebagai solusi yang tepat, agar manusia menjadi sabar, pada akhirnya bahagia itu akan selalu menyertai kita.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Purwosari, 14 April 2019