Lintas Mutiara 368

Sederhana

Oleh : BundaSriMin

Lantunan lagu yang didendangkan oleh tiga siswi, suaranya merdu dan tampilan sangat sederhana tanpa ada polesan sedikitpun di raut wajahnya, tetapi sungguh, suaranya begitu merdu, memancarkan kesucian hati dan keikhlasan.

Adakah mereka menyadari memiliki potensi suara yang luar biasa, tanpa ada kepura-puraan dan kesombongan, serta penampilan kesahajaan.

Tidaklah tepat bila ada anggapan bahwa sederhana atau sahaja itu identik dengan tidak bermutu atau kurang berkualitas,

Dan pernahkah introspeksi diri bahwa kita cenderung mempermasalahkan penampilan yang tampak dari luar, tetapi minim dengan kualitas.

se·der·ha·na  dapat diartikan 1) bersahaja; tidak berlebih-lebihan: hidupnya selalu; 2) sedang (dalam arti pertengahan, tidak tinggi, tidak rendah, dsb): harga, 3) tidak banyak seluk-beluknya (kesulitan dsb); tidak banyak pernik; lugas: ia menerangkan dengan  kalimat-kalimat yang sesuai dengan situasi kondisi serta kebutuhan.

Tampilan sederhana akan indah dipandang mata, lugas dan tidak berlebihan.

Kata kata yang sederhana akan menyejukkan untuk didengarkan, dan menunjukkan kualitas diri atau kecerdasannya.

Melihat segala sesuatu tidak hanya dari tampilan kesahajaannya, melihat isi atau kualitas diri adalah ciri orang bijaksana dan berwawasan luas.

Menjalani kehidupan dengan sederhana atau apa adanya dan sedang sedang saja akan membawa pada kebahagiaan yang sebenarnya dan itulah yang dianjurkan olehNya.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Padangan, 14 Juni 2019