Lintas Mutiara 370

Bergandeng Tangan

Oleh BundaSriMin *)

Ada pemandangan yang indah usainya pertandingan silat yang diselenggarakan oleh salah satu perguruan silat besar di Bojonegoro.

Setelah mereka bertanding, tentu ada yang menang dan kalah, saling merangkul dan mereka bergandengan tangan saling bercerita dengan ceria terlihat bahagia tanpa ada beban bahwa mereka adalah pesaing dalam pertandingan tadi.

Diperlukan mental yang kuat pada para peserta pertandingan, karena dengan mental itulah akan muncul sikap ksatria, menerima hasil dari proses dengan lapang dada, asalkan pertandingan tersebut dilaksanakan dengan jujur dan adil.

Sesungguhnya rangkaian kehidupan ini merupakan proses pertandingan yang harus diikuti dan dijalani dengan persiapan hati yang suci, mental tangguh dan pemikiran yang cerdas, agar dapat mendapatkan kemenangan  dan keberuntungan, tanpa harus bergantung pada manusia.

Berpelukan, berjabat tangan dan bergandengan  akan dapat melunturkan emosi dan ketegangan yang terjadi, sungguh akan menumbuhkan suasana yang damai dan kesejukan dihati.

Hidup ini sementara, ibarat perjalanan hanyalah persinggahan sebentar, sudah seharusnya tidak ada benci dan dendam, karenanya akan mendatangkan hakikat kebahagiaan.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Bojonegoro, 17 Juni 2019

*) DR Sri Minarti Dekan Fak Tarbiyah IAI Suri Bojonegoro