silaturahmi

Lintas Mutiara 364

Silaturahmi

Oleh : BundaSriMin

Inti dari dua kata silaturahim dan silaturahmi, ada pada fungsi kata tersebut. Kata silaturahim lebih merujuk pada hubungan kekeluargaan, sementara silaturahmi bersandar pada sikap kasih sayang secara universal kepada sesama.

Dalam menjalani aktivitas sehari hari, manusia selalu berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain, memungkinkan terjadinya ketidak cocokan atau perselisihan pendapat yang menyebabkan enggan atau malas bertegur sapa, hari raya idhul fitri merupakan saat yang tepat untuk merakit kembali benang yang putus, atau tali silaturahmi yang renggang.

Silaturahmi bisa dilakukan dengan saling mengunjungi, atau mengadakan pertemuan yang dipusatkan pada satu tempat.

Lama tidak bertemu dengan teman, kemungkinan sudah terjadi perubahan pada mereka atau kita, bentuk fisiknya, pola pikirnya ataupun daya ingatnya.

Menjaga nama baik dan menutupi aib mereka waktu dulu tetaplah harus dilakukan, “barang siapa menutupi aib saudaranya berarti ia telah menutupi aibnya sendiri”.

Kemungkinan besar, kita atau teman teman pernah melakukan suatu kesalahan yang disengaja ataupun tidak, silaturahmi merupakan ajang paling tepat untuk saling memaafkan.

Silaturahmi untuk bertemunya pimpinan meminta maaf pada yang dipimpin, demikian juga sebaliknya, hati akan menjadi lega, karena tidak ada benci ataupun dendam, sehingga dapat meningkatkan semangat atau motivasi dan produktivitas kerja serta menumbuhkan suasana penuh keakraban dan kehangatan.

Benci ataupun dendam ibaratnya bara api yang sewaktu waktu siap berkobar, dinginkan dengan silaturahmi, memaafkan atau berlapang dada atas semuanya, yakin bahwa apapun yang sudah terjadi adalah takdir terbaik untuk hambaNya.

Jalin silaturahmi dengan siapa saja, insyaAllah akan dapat meluaskan rizqi dan memperpanjang usia.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Purwosari, 9 Juni 2019