antara

Lintas Mutiara 365

Antara

Oleh : BundaSriMin *)

Kehidupan di dunia tidak ada yang abadi, hal itu sudah merupakan sunatullah.

Yang harus dipikirkan adalah apa yang dilakukan pada rentang waktu yang tidak abadi tersebut (antara)?

Antara pertemuan dan perpisahan, banyak manusia yang kurang memanfaatkan dengan baik, terkadang dipenuhi diawal dengan penuh semangat, ditengah dan diakhir terbuang dengan sia sia, ada juga yang mengisi waktu tersebut diujung perpisahan, diawal dan di tengah tidak digunakan untuk aktivitas yang bermanfaat, sehingga terkesan tergesa-gesa dan tidak ada waktu atau kesempatan lagi, akan berakhir pada penyesalan.

Antara kelahiran dan kematian ada waktu rata rata 63 tahun (sesuai usia Nabi Muhammad Saw) untuk diisi dengan kebaikan, dan sudah berapa lama dimanfaatkan untuk kemaslahatan, atau hanya kesia siaan belaka?

Antara sehat dan sakit, seberapa banyak digunakan untuk bersyukur atas semua nikmat yang sudah diterima, atau banyak mengeluh nya.

Antara susah dan senang lebih banyak yang mana, bila bisa menjalani hidup dengan ridho, ikhlas, dan menerima realitas kehidupan dengan berlapang dada, pasti akan ada ketenangan jiwa.

Pada intinya mengisi waktu antara dengan kegiatan apa saja diserahkan pada manusia sendiri, bagaimana bisa mengelola atau memanaj sebaik baiknya, karena manusia oleh Sang pencipta dibekali potensi akal, jasmani, dan ruhani.

Antara kesibukan  beraktivitas haruslah ada waktu untuk rileksasi dan meditasi, agar kita selalu sehat, kuat dan dekat dengan Sang pencipta, itulah keseimbangan dalam kehidupan, yang hanya bisa diisi oleh orang yang berilmu, berpikir dan beriman.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Purwosari, 10 Juni 2019

*) DR Sri Minarti Dekan Fak Tarbiyah IAI Suri Bojonegoro