kesadaran

Lintas Mutiara 366

Kesadaran

Oleh : BundaSriMin

Kesadaran menurut KBBI adalah keinsafan, keadaan mengerti dan hal yang dirasakan atau dialami oleh seseorang. Secara harfiah, kesadaran sama artinya dengan mawas diri,

kesadaran juga bisa diartikan sebagai kondisi di mana seorang individu memiliki kendali penuh terhadap stimulus internal maupun stimulus eksternal.

Dalam menjalani kehidupan di dunia, manusia tidak lepas dari godaan/gangguan/ujian, yang datangnya bisa dari dalam dan luar diri, untuk menyelesaikan semua permasalahan tersebut dibutuhkan suatu kesadaran dari dalam dirinya.

Kesadaran merupakan keinsyafan atau berhenti dari perilaku yg menyalahi aturanNya, dengan itu ketenangan jiwa akan selalu terjaga.

Kesadaran berarti ada mawas diri atau kehati-hatian dengan apa yg akan dilakukan, dipikir secara matang, arif, dan bijaksana, apa dampak atau akibat dari tindakan yang akan dilakukan, berarti berpikir jauh ke depan.

Kesadaran berarti juga kemampuan mengendalikan dari hawa nafsu yang cenderung menyesatkan dan menahan godaan dari luar dirinya yang membawa pada kehancuran (kecerdasan emosional).

Kesadaran akan tumbuh pada diri yang dipengaruhi oleh faktor pemahaman, pengertian, keterbukaan hati dan pikiran, adanya kekuatan  niat sungguh sungguh untuk mengadakan perubahan, dan pengalaman atau kondisi lingkungan serta adanya harapan untuk sukses.

Kondisi kejiwaan manusia cenderung tidak stabil, saat ini semangat sedang bergelora, sebentar lagi bisa menjadi malas atau tidak ada gairah,  karenanya kesadaran haruslah ditumbuhkan dan dijaga, agar bisa istiqomah dalam kebaikan dan produktifitas kerja terjaga.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Purwosari, 11 Juni 2019