Jembatan Penggantung Cita

Serial : Sisi Lain Jembatan Gantung 1

Oleh : YuFit

Betapa beruntungnya bagi kita yang saat ini bisa mendapatkan pendidikan sekolah tinggi dan bahkan kita yang sudah bisa memetik hasil dari keberhasilan pendidikan kita dimasa lalu.

Pernahkan kita berpikir bahwa disisi lain atau jauh dari tempat tinggal kita masih ada yang belum bisa merasakan nikmatnya mengerjakan tugas sekolah, begitu enaknya mengerjakan skripsi dan juga hal-hal yang selalu kita rindukan di saat-saat bersekolah.

Mari kita tengok di lingkungan sekitar kita, disini dilingkungan jembatan gantung tua ini banyak sekali anak-anak atau remaja yang tak bisa mengeyam nikmatnya duduk sampai di sekolah tinggi.

Rata-rata masyarakat disini mendapatkan pendidikan tertinggi di Sekolah Menengah Atas, namun masih banyak juga yang hanya sampai di Sekolah Menengah Pertama.

Faktor ekonomi memang menjadi alasan utama mengapa mereka tidak bisa melanjutkan cita dan asa mereka.

Sebagai contoh orang tua yang hanya menjagakan hasil panen, namun hasil panen tak sesuai harapan, maka secara otomatis mereka akan berhutang kepada pihak lain. Lintah darat setiap hari akan mengejar orang-orang disini yang masih memiliki tanggungan hutang. Padahal orang-orang tersebut masih memiliki anak yang sekolah di Menengah Pertama atau bahkan masih di Sekolah Dasar. Dan akhirnya jangankan untuk melanjutkan sekolah. Untuk makan hari ini pun mereka masih bingung.

Jadi anak-anak yang sudah lulus SMP atau SMA kebanyakan akan memilih merantau ke kota-kota besar dan berharap dapat memperbaiki kehidupan mereka. Mereka juga berharap bisa membantu perekonomian orang tuanya yang berada didesa.

Harapannya semoga kedepan generasi penerus disini akan mendapatkan pendidikan yang lebih baik lagi dan dapat menjadi generasi emas yang dibanggakan oleh orangtua dan negara.

Semoga kita selalu sehat, Dan selalu bersyukur akan nikmat.