sangat perlu

Lintas Mutiara 381

Sangat Perlu

Oleh : BundaSriMin

Banyak terlihat di sekitar kita, orang yang mendapat amanah jabatan, kekuasaan, atau kekayaan merasa bahwa apa yang diperoleh selama ini karena kecerdasan dan usahanya sendiri, terkadang lupa bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendakNya.

Sebenarnya dalam kehidupan manusia, semuanya serba mungkin, bila Sang Penentu sudah berkehendak, maka kurang tepat bila dalam diri terbersit keangkuhan, kesombongan ataupun bangga dengan nikmat yang diterima,  semuanya merupakan titipan  bersifat sementara, maka sangat perlu menumbuhkan kesadaran diri.

Sesungguhnya sombong akan dapat menghancurkan diri sendiri, karena dalam sifat tersebut ada ketidak jujuran atau cenderung menutupi kelemahan, dengan pura-pura menampilkan kesempurnaan, sangat perlu menyadari kekurangan dan memperbaiki  dengan kesungguhan sebagai langkah terbaiknya.

Bangga dengan apa yang dimiliki juga bisa juga menghancurkan dan lupa diri, maka sangat perlu kemulyaan hati, menumbuhkan rasa syukur dan terima kasih atas anugerah nikmat yang diterima, serta tetap rendah hati.

Keangkuhan, merasa dirinya paling hebat dalam segala hal, sehingga enggan untuk berkomunikasi dengan orang lain atau bawahan, dan menganggap semua orang berada dibawahnya, sungguh sifat ini akan menutup datangnya keberkahan, yang ada adalah kebencian dari orang lain.

Terkadang sifat sombong, angkuh dan bangga yang ada pada diri seseorang tanpa disadarinya, merasa bahwa perilakunya wajar wajar saja sebagai seorang yang berkuasa,

Oleh karenanya dalam menjalani kehidupan, semua orang berilmu/ cerdas/pejabat/ kaya/ biasa, sangat perlu sahabat baik, tempat berbagi cerita, menyimpan rahasia, saling mengingatkan agar tidak tersesat dan salah jalan.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Bojonegoro, 3 Juli 2019