warna

Lintas Mutiara 384

W a r n a

Oleh : BundaSriMin

Warna merupakan aspek yang paling relatif dalam desain dan kehidupan.

Makna terhadap warna melibatkan respon psikologi dan fisiologi manusia.

Ditinjau dari psikologis atau emosi manusia, makna dan arti warna-warna yang ada bisa menunjukan kesan perasaan akan sesuatu, objek, cahaya, mata dan keterlibatan otak, kaitannya juga pada kepribadian seseorang, dan secara garis besar pembagian warna ada dua, yaitu warna hangat dan dingin.

Seseorang yang menyukai warna hangat (merah, kuning, orange, coklat, emas)  cenderung memiliki jiwa dan pandangan yang optimis, semangat pantang menyerah, pemberani, mental yang kuat, namun juga terkesan keras.

Seseorang yang cenderung menyukai warna dingin (biru, hijau, hitam, abu abu) biasanya memiliki kepribadian yang mudah memaafkan, penyayang, lembut, natural, penuh misteri, namun terkesan lambat.

Dari tinjauan fisiologis yang dapat dilihat oleh indera manusia, perpaduan warna hangat dan warna dingin akan memunculkan suatu keindahan dalam pandangan, misalnya perpaduan warna merah dengan biru akan muncul kesan profesional.

Kemampuan memadukan warna sangatlah penting untuk menunjukkan jati diri dan kesan yang mendalam pada seseorang.

Warna merupakan simbul atau tanda yang kuat baik pada diri seseorang ataupun organisasi.

Kesukaan warna seharusnya tumbuh dari hati dan pertimbangan akal pikirannya, serta implementasi atau reaksi dari kepribadiannya.

Perlu disadari oleh manusia bahwa indahnya kehidupan dunia ini karena adanya warna yang diciptakan oleh Sang Maha Kuasa, mensyukuri dan berterima kasih padaNya adalah sikap yang utama.

Ya Allah, ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Bojonegoro, 9 Juli 2019