arafah

Bergerak ke Arofah

Bergerak ke Arofah

Oleh : dr achmad budi k

Setelah seharian jamaah haji yang tergabung dalam KBIH Masy Madani, bermalam atau mabit di Mina bersama jutaan jamaah haji dari seluruh penjuru dunia. Sebelum subuh, jamaah haji sudah mulai mempersiapkan diri untuk dijemput bis menuju Arofah untuk Wuquf.

Maktab sebelumnya telah menginformasikan bahwa jamaah haji akan mulai dimobilisasi setelah subuh. Oleh karena beberapa menit sebelum subuh semua jamaah haji sudah siap berangkat menuju Arofah.

Namun mungkin karena beberapa kendala terkait transportasi terutama kemacetan ruas jalan, rombongan awal dijemput dan berangkat pk 06.40 dan rombongan kedua datang sekitar jam 09.00. Alkhamdulillah urusan Tarwiyah jamaah haji KBIH Masy Madani pada musim haji  1440H ini lancar, sampai jamaah bisa meninjak Arofah pada pk 09.00 dan semua dalam keadaan sehat, tidak ada yang di safari wuqufkan.

Saat ini pk 09.34 semua jamaah haji sedang menunggu untuk waktu wuquf tiba dengan ada yang beristirahat atau ada yang membaca Al Quran. Mereka menunggu saat puncak haji yang ditunggu tunggu sekitar sembilan tahun untuk menTauhidkan Allah serta berdoa di waktu dan tempat yang paling mustajab. InsyaAllah mereka tidak akan sia siakan waktu dan tempat yang mustajab ini untuk tidak berdoa sedetikpun. Baik doa pribadi dan doa titipan keluarga atau sahabat akan tersampaikan pada siang setelah dhuhur sampai maghrib tiba nanti. Semuanya dilakukan demi meraih haji yang mabrur.

Semoga kita selalu sehat.