Jumat Paska Wuquf

Jumat Paska Wuquf

Jumat Paska Wuquf

Oleh : dr achmad budi k

Banyak jamaah haji yang masih harus menyelesaikan rangkaian ibadah hajinya. Finishing ibadah haji memang dilakukan di masjidil Haram, untuk menyempurnakan agar ibadah haji memenuhi rukun hajinya. Dan hal ini memang dilakukan setelah wuquf atau hari H haji setelah di Arofah.

Sejak usai wuquf hingga saat ini volume jamaah haji di masjidil Haram seperti air mengalir dengan deras yang sulit dibendung. Sehingga pengaturan buka tutup pintu masjidil Haram diberlakukan secara ketat dan tidak bisa diprediksi sebelumnya.

Apalagi yang terjadi hari ini, masjidil Haram dipenuhi ratusan ribu bahkan juataan jamaah haji. Ada yang melakukan towaf Ifadloh, ada yang melakukan towaf sunnah, ada yang melakukan towaf wada’, dan karena hari ini Jumat, jamaah haji yang akan menunaikan solat Jumat juga sudah menempati masjid sejak sebelum jam 08.00 tadi, padahal waktu solat dhuhur jam 12.30 an.

Semangat beribadah ummat muslim dari seluruh penjuru dunia, semakin meningkat. Seperti halnya di negeri kita tercinta ini, antrian haji sudah mencapai 24 tahun lebih. Selama kurun waktu tersebut, siapapun tidak bisa menjamin kesehatan dan lainnya terkait ibadah haji.

Kita memang harus selalu bersyukur apapun yang dibebankan Allah kepada kita. Dengan kesabaran yang cukup ekstra, kita jalani seluruh kehidupan ini secara ihlas. Karena di era yang didominasi serba ‘instan’ ini, hampir semua orang seakan tidak mengenal proses.

Semoga semua ibadah yang kita lakukan, diterima Allah dan kita semua selalu diberi kesabaran dalam melakukan ibadah apapun serta haji yang mabrur, khususnya. .

Semoga kita selalu sehat.