aqobah

Semangat Menuju Aqobah

Semangat Menuju Aqobah

Oleh : dr achmad budi k

Seharian sebelumnya, jamaah haji KBIH Masy Madani berangkat dari mabit di Mina menuju Arofah, semuanya melakukan wuquf mulai setelah dhuhur sampai maghrib. Dan semua jamaah haji tentu kurang istirahat, apalagi setelah maghrib berjuang lagi untuk mabit di Muzdalifah yang cukup mengutas energi.

Siang ini di mulai pk 11.10, para jamaah haji KBIH Masy Madani masih bersemangat menuju jamarot untuk melakukan melontar jumroh aqobah agar bisa menyelesaikan tahallul awal. Kami dipandu petugas maktab sehubungan evaluasi terhadap kinerja maktab untuk melayani jamaah haji.

Karena terlalu semangatnya, jamaah haji yang di depan melaju agak kencang, padahal beberapa jamaah haji perlu perlakuan khusus, sehingga kami harus mendampingi perjalanan beberapa jamaah yang agak lambat.

Alkhamdulillah semuanya sudah sampai tujuan dan dapat melaksanakan melontar jumroh dengan lancar dan aman serta bisa pas di bibir sumur. Alkhamdulillah semua jamaah haji tahun 1440H  sebanyak 123 ini, sebagian besar melontar jumroh aqobah dengan penuh semangat ibadah untuk meraih kemabruran haji nya.

Sepulang dari melontar jumroh aqobah yang cukup melelahkan, karena jarak ke jamarot mencapai sekitar 3 km dalam suasana suhu udara 38 derajat Celsius. Dan jalanan saat pulang cukup padat, tidak seperti ketika berangkat yang agak longgar. Kami juga bersyukur saat kami cukur rambut, hujan turun lagi seperti saat wuquf kemarin, sehingga cuaca berganti sejuk, sesejuk kalbu para jamaah haji yang selalu berharap menjadi haji mabrur, InsyaAllah.

Semoga kita selalu sehat.