Uji Kesabaran di Mina

Uji Kesabaran di Mina

Uji Kesabaran di Mina

Oleh : dr achmad budi k

Mabit di Mina merupakan kewajiban melaksanakan haji. Jamaah haji harus bermalam di Mina pada hari Tasyrik, boleh 2 atau 3 hari. Semuanya bisa dipilih sesuai kondisi jamaah haji serta keadaan yang mempengaruhi, misal cuaca atau kondisi lingkungan.

Penyelenggara haji tentunya sudah berusaha maksimal untuk melayani jamaah haji dari seluruh pelosok penjuru dunia, termasuk Indonesia. Namun sebagai manusia memang tidak ada sesuatu yang sempurna terkait sarana pelayanan.

Disinilah salah satu faktor bekal haji kita yang penting dan tidak boleh kehabisan yaitu Sabar, banyak dan selalu teruji. Mulai kebutuhan air wudlu, antri ke kamar mandi, pembagian makanan dan masih banyak lagi, tidak lepas dari ujian kesabaran. Seperti halnya tadi, kami harus antri ke kamar mandi sekitar seperempat jam, ya harus sabar walau menahan sesuatu yang dirasa amat berat.

Kebersamaan dalam kelompok atau rombongan harus kita junjung tinggi. Karena sesungguhnya setiap muslim bersaudara dan hatus saling tolong menolong dalam kebajikan. Keberhasilan individu kurang atau tidak berarti tanpa bisa membantu keberhasilan jamaah lain. Manusia yang baik adalah yang demikian besar jika bermanfaat bagi orang lain.

Oleh karena itu keSabaran mutlak harus selalu kita miliki dalam kehidupan sosial dimana saja, terlebih dalam melaksanakkan ibadah haji ini, yang bisa disebut dalam fi sabilillah. Semoga kelompok ibadah haji ini, khususnya yang tergabung dalam KBIH Masy Madani akan meraih haji mabrur Bersama, bukan secara individual, aamiin.

Semoga kita selalu sehat.