sederhana

Lintas Mutiara 445

Dua potensi
Oleh : BundaSriMin
Setiap diri manusia memiliki dua potensi, yaitu kebaikan atau kejelekan, kelebihan atau kekurangan, dan lingkungan sangat berperan dalam mengembangkan potensi tersebut.

Lingkungan yang pertama dan utama dalam pengembangan potensi anak adalah keluarga, terkhusus orangtua, kebiasaan baik atau keteladanan yang sering dilihat akan mempengaruhi pola sikap dan pikirnya.

Pendidik atau guru akan menjadi sumber inspirasi atau rujukan ke dua setelah orangtua, dalam pengembangan sikapnya.

Orangtua dan guru yang baik, akan berusaha mengembangkan potensi kebaikan atau kelebihan yang dimiliki anak, dan tidak terpusat pada kekurangannya.

Sesungguhnya ketika seseorang fokus perhatian pada kelebihan dan kebaikan, secara tidak langsung sudah melatih berpikir positif dan berjiwa besar dalam segala urusan, artinya memandang segala sesuatu tidak dari sisi kelemahannya, menumbuhkan sikap percaya diri dan rendah hati.

Tidak ada manusia yang sempurna, tetapi semua memiliki kelebihan dan kebaikan yang berbeda, alangkah indah kehidupan apabila masing- masing perbedaan bersinergi mengembangkan potensi meraih prestasi menggapai ridho illahi.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Purwosari, 19 September 2019
SriMinarti10Bjn