persiapan

Zona

Serial Lintas Mutiara 478
Oleh: Sri Minarti

Zona adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti sabuk, digunakan untuk berbagai keperluan, menjelaskan kawasan untuk pria dan kawasan untuk wanita yang kemudian digunakan menjelaskan: 1. wilayah; 2. daerah; 3. bagian.

Ketika seseorang sudah berada pada zona yang nyaman, biasanya enggan untuk mengadakan perubahan, dan hal ini bisa menyebabkan ketertinggalan dari perkembangan.

Sebagai ilustrasi, seorang anak yang biasa hidup di zona nyaman, berkecukupan, dan semua kebutuhannya terpenuhi, tanpa dilatih kemandirian, ketika ia harus pisah dengan orangtuanya, ada kesulitan bagaimana cara mencari nafkah untuk menghidupi dirinya sendiri.

Pada zona nyaman atau tidak, proses ikhtiar dan belajar tetap dijalani oleh setiap manusia agar dapat menikmati dan mensyukuri kehidupan dengan senang hati.

Sesungguhnya diri manusia sendiri yang menentukan, akan berada pada zona apa, ketika mampu memaknai suatu peristiwa sebagai proses pembelajaran dalam kehidupan yang akan ada pertanggungjawaban, maka ia selalu berada pada zona aman dan nyaman, demikian juga sebaliknya, bila tidak ada pemaknaan suatu peristiwa, maka yang terjadi adalah penyesalan.

Di manapun manusia berada ditempatkan, pada zona (wilayah, daerah, tempat tinggal dan bagian apa), menumbuhkan rasa kedekatan pada Sang Maha Penentu adalah suatu keniscayaan, agar selalu ada kebahagiaan.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Bojonegoro, 1 Nofember 2019
SriMinarti10Bjn