Ibu Memang Hebat

Oleh : achmad budi karyono

Hari ini 22 Desember merupakan hari peringatan yang ditujukan untuk salah satu orang tua kita yang sangat berjasa yang melahirkan kita, Hari Ibu. Namun sejak beberapa hari ini di hampir semua grup di MedSos sudah mulai ramai tidak hanya ucapan selamat, ada juga puisi, cerita berhikmah, ilustrasi grafis, humor, yang semuanya berkaitan menyambut datangnya Hari Ibu. Bahkan suasana MedSos seakan seperti layaknya hari raya atau peringatan hari besar, yang hampir semua pengguna MedSos memanfaatkannya. Inilah salah satu fenomena di era industry 4.0 yang tidak bisa kita hindari.

Ibu memang sosok yang spektakuler, dan seorang ibu tidak jarang harus melakukan multi peran yang terkadang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Kalau hanya urusan dapur, sudah merupakan ‘sego jangan’ bagi sosok setiap ibu.

Seorang ibu pada umumnya sosok yang multiperan. Walau seorang ibu tidak berpendidikan medis, namun bisa berperan kalau menghadapi putrinya yang ‘kembung’ ataupun panas badan, walaupun yang dilakukan metode tradisional. Begitu juga, seorang ibu yang tidak kuliah di bidang tarbiyah, namun bisa dan berhasil mendidik putrinya hampir di segala bidang sehingga memiliki potensi yang luar biasa.

Seorang ibu yang bersahaja, di sebuah desa sekitar 10 km dari pusat kota, namun akses jalan menuju tempat tinggalnya cukup tergolong kurang memadai. Rumah yang berada di tepi sungai yang sering mengancam banjir setiap tahunnya, sudah turun temurun dihuninya. Namun ibu yang sangat gigih membesarkan putrinya dengan segala keterbatasan ini, telah berhasil ‘mencetak’ putrinya yang menguasai berbagai potensi dan prestasi, melebihi teman sebayanya di kota yang bisa meninkmati berbagai fasilitas disekitarnya. .

Itu merupakan salah satu petikan realita dari sekian juta para ibu yang multi peran dalam kehidupan berkeluarga. Untuk menghormati beliau para ibu tidak ada salahnya kita diingatkan setiap tanggal 22 Desember agar lebih meningkatkan perhatian pada jasa besar seorang ibu, walau sebenarnya untuk menghormati ibu kita, tidak harus menunggu setahun sekali. Selamat Hari Ibu, semoga semua sosok ibu yang selalu berjuang dalam keluarga selalu bersemangat dan diberi kekuatan. Semoga kita selalu sehat. (abk)