warna

Lintas Mutiara 504
Oleh : BundaSriMin

Banyak peristiwa yang dialami oleh manusia dalam perjalanan kehidupan, ada yang menyenangkan ada juga yang membuat kegalauan jiwa, biasanya terjadi karena perbedaan antara harapan dan kenyataan.

Apa yang terbaca oleh indera bisa tipuan atau fatamorgana, ada perbedaan antara yang terlihat dengan kenyataan sebenarnya, karena keterbatasan manusia dalam memahami atau mengartikan suatu keadaan.

Sebagai ilustrasi seorang suami memanggil istrinya dengan sebutan “sayang”, tapi berada di pengadilan, untuk membuat kesepakatan perpisahan, padahal kata sayang identik dengan cinta kasih, perhatian dan perlindungan, mengapa ada perbedaan antara ucapan dan perbuatan, biasanya terjadi karena ucapan lisan hanya keluar dari bibir manisnya dan tidak dari hati.

Perilaku manusia kadang terjadi perbedaan antara ada banyak orang bersikap manis penuh perhatian, dan dalam keadaan sendirian sangat individualis, padahal orang baik itu akan selalu berbuat kebaikan di mana dan kapan saja.

Kehidupan itu adalah pergantian antara siang dan malam, kecukupan dan kekurangan, kegembiraan dan kesedihan, kecintaan dan kebencian, untuk menumbuhkan sikap tidak berlebihan dalam menjalani atau memaknai suatu peristiwa dan mensyukuri apa yang menjadi taqdirNya.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Purwosari, 5 Desember 2019
SriMinarti10Bjn