kesadaran

Menghargai

Lintas Mutiara 508
Oleh : BundaSriMin

Menghargai dapat diartikan juga menghormati keberadaan, harkat dan martabat orang lain. Contoh menghargai karya orang lain, artinya menghormati hasil usaha, ciptaan dan pemikiran orang lain.

Mengormati sama dengan memulyakan, misalnya kepada orangtua atau orang yang dituakan, dengan begitu akan menumbuhkan sinergi dalam berinteraksi.

Menghargai usaha bawahan atau orang muda yang biasanya masih dibarengi dengan emosi yang belum stabil, akan menumbuhkan kreativitas dan karya yang berbeda.

Setiap manusia pada hakikatnya membutuhkan penghargaan, untuk menunjukkan eksistensi atau keberadaannya di muka bumi yang masih bisa memberi kemanfaatan.

Bentuk penghargaan dapat berupa ucapan yang menyenangkan karena ketulusan, hadiah yang akan terkenang, atau materi yang akan menambah kecukupan.

Alangkah indah bila hidup ini dijalani dengan saling menghargai, sehingga dapat meningkatkan semangat dalam berkarya, motivasi memperbaiki bukan menjadikan lalai ataupun kesombongan, yang dapat menjauhkan diri dari esensi menghargai itu sendiri.

Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.

Bojonegoro, 10 Desember 2019
SriMinarti10Bjn