Rasa Takut

Lintas Mutiara 540
Oleh : BundaSriMin
Ketakutan merupakan perasaan tidak menyenangkan yang dipicu oleh persepsi bahaya, nyata atau dibayangkan.
Perasaan ketakutan biasanya dimiliki oleh semua manusia, perbedaan terletak pada kadar berlebihan yang bisa menyebabkan gangguan kejiwaan dan yang disikapi dengan kewajaran akan ada ketenangan.
Rasa takut tidak bisa dihindari, tetapi dikendalikan, misalnya takut kehilangan orang yang dicintai, takut lepasnya jabatan atau kekuasaan, takut tidak dihormati, takut miskin dan sebagainya.
Dengan berbekal kesiapan ilmu dan selalu ada peningkatan keyakinan pada Sang penentu kehidupan, akan dapat meminimalkan rasa ketakutan.
Biasanya manusia memiliki tingkat ketakutan yang tinggi pada kematian dan rejekinya.
Kematian sudah pasti akan dialami oleh semua manusia, mempersiapkan amal kebaikan dengan niatan karenaNya sebagai bekal untuk dibawa ke sana, adalah tindakan bijaksana.
Pesan yang sangat indah pada manusia, “yakinlah bahwa rejeki merupakan hak prerogatif Allah untuk semua hambanya tanpa terkecuali, ikhtiar yang baik dan benar sebagai sunatullahnya, tidak akan pernah ada rejeki yang tertukar atau terlewatkan, sekalipun semua manusia berkumpul untuk menghalanginya’ karenanya jangan pernah ada rasa takut tidak mendapatkannya, mensyukuri apa yang didapat berapapun jumlahnya, adalah sikap terpuji yang akan membawa pada keberkahan kehidupan kini dan nanti.
Berserah diri setelah melewati usaha dan doa padaNya merupakan indikator orang yang berilmu, beriman dan bertaqwa.
Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, amiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.
Purwosari, 23 Januari 2020
SriMinarti10Bjn