kesungguhan

Cara Pandang

Lintas Mutiara 589
Oleh : BundaSriMin
Cara pandang atau paradigma yaitu cara seseorang memandang terhadap diri dan lingkungannya yang akan mempengaruhinya dalam berpikir (kognitif), bersikap (afektif), dan bertingkah laku (konatif).
Cara pandang seseorang dipengaruhi oleh ilmu dan wawasan yang dimiliki, semakin meluas dan mendalam maka akan menghasilkan pemikiran yang mendalam, dengan berbagai pertimbangan dan analisis yang tajam serta terpercaya.
Contoh, orang akan mengatakan diri kita baik atau hebat karena ia memahami, mengenal dan menyukai kita, sebaliknya orang tidak akan simpati atau sayang bila tidak mengenal, itulah sebenarnya nalar berpikir “tak kenal maka tak sayang”.
Cara pandang akan mempengaruhi sikap, bahwa kebijaksanaan, lemah lembut, menolong, kasih sayang, dihasilkan melihat segala sesuatunya dari sisi positifnya.
Cara pandang juga akan mempengaruhi perilakunya, misalkan pola hidup sehat, bersih, teratur, relugius karena adanya kesadaran dan cara memandang sesuatu dari sisi kemanfaatan atau hikmah di balik perintah dan aturan.
Sungguh cara pandang merupakan pilihan yang akan menentukan hitam putih, kegagalan kesuksesan, kesakitan kesehatan, kebodohan kecerdasan, dan kelalaian atau kebahagiaan perjalanan kehidupan manusia.
Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.
Purwosari, 23 Maret 2020
SriMinarti10Bjn