kendhi

Cegah Penyakit Ginjal dengan Cerdik

Oleh : dr achmad budi karyono

Jangan terlalu banyak minum obat, nanti ginjalnya rusak. Jangan banyak makan yang berpengawet, nanti ginjalnya rusak. Minum yang banyak agar ginjalnya tidak kering.

Hari Kamis minggu ke 2 di bulan Maret diperingati sebagai World Kidney Day, Hari Ginjal seDunia. Pada tahun 2020 ini bertepatan pada 12 Maret hari ini, dalam suasana yang mencekam dalam cengkeraman wabah Corona secara global yang tidak menentu. Hal ini sebagai pengingat kita bahwa ginjal berperan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, maka harus selalu menjaga ginjal kita dalam keadaan sehat.

Ginjal merupakan organ penting di dalam tubuh setiap manusia berjumlah 2 buah dengan fungsi utama sebagai penyaring atau pemisah zat atau unsur yang harus dibuang serta racun dari dalam darah dan melaksanakan fungsi ekskresi (pembuang zat yang tidak berguna). Selain itu, Ginjal menjaga keseimbangan air serta keasaman darah dan juga keseimbangan elektrolit. Ginjal juga menghasilkan hormon antara lain erithropoitin yang berperan untuk pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu kita harus selalu memperhatikan kesehatan ginjal sebaik mungkin, karena kalau sudah rusak sekali, selamanya harus cuci darah. Sesuatu yang mengerikan. Apalagi saat ini, di sebuah rumah sakit di Bojonegoro harus mencuci darah lebih dari 20 orang setiap harinya.

Pada umumnya kerusakan yang terjadi pada ginjal dipicu oleh penyakit lain diantaranya penyakit kencing manis (diabetes), hipertensi, penyakit asam urat tinggi, penyakit autoimun seperti penyakit Lupus. Penyakit yang terjadi pada ginjal yang bisa berlanjut menjadi kronis adalah infeksi saluran kencing, batu ginjal atau polikistik ginjal serta sumbatan pada saluran ginjal. Penyakit ini diperparah karena kurang atau tidak mengindahkan pola hidup sehat serta pola makan terlalu bebas yang menjadi tren saat ini.

Pada tahun 2020 ini peringatan Hari Ginjal Sedunia bertemakan Kidney Health for Everyone Everywhere , from Prevention to Detection and Equitable Access to Care. (Kesehatan Ginjal untuk Semua Orang di Mana Saja, dari Pencegahan Hingga Deteksi dan Akses Perawatan yang Pantas).

Kita harus memelihara ginjal kita dengan cara selalu menjaga pola makan yang sehat, mengkonsumsi beragam unsur makanan serta porsi makan yang tidak berlebih. Meminimalkan atau menghindari makanan instan dengan tambahan bahan yang tidak mengganggu fungsi organ tubuh atau kesehatan. Minum air putih yang cukup serta olah raga ringan secara rutin akan bisa lebih menjaga kesehatan ginjal.

Kita harus peka terhadap gangguan kesehatan yang berhubungan dengan ginjal misal nyeri saat buang air kecil, sering buang air kecil, buang air kecil tidak tuntas, buang air kecil merah atau seperti cucian daging atau pinggang sakit. Berkonsultasilah kepada dokter. Semoga kita selalu sehat.