sangat perlu

Cerita

Lintas Mutiara 593
Oleh : BundaSriMin
Pertemuan dan saling bercerita tentang kisah indah, bisa membuat orang yang mendengarkan terpana.
Sebut saja sie A, ia bercerita bahwa di tempatnya belajar akademik juga non akademik, mengikuti organisasi ekstra bagian kedisiplinan, yang bertugas membangunkan teman temannya jam 3 dinihari untuk sholat tahajud berjamaah, berarti ia harus bangun duluan sebelum temannya bangun, makanya sering ngantuk bahkan tidur saat pelajaran pagi hari, terutama matematika.
Cerita yang hampir sama dan langsung ditertawakan oleh Saudaranya, sebut saja si L, ia pernah menjadi imam sholat malam, baru tiga rokaat sudah salam, diingatkan oleh jamaah, dan ia benar benar lupa sama sekali sudah berapa rokaatnya, langsung ¬†ditambah satu rakaat dan sujud sahwi, selesai salam ia tanya temannya yang ada persis dibelakangnya, dengan jawaban “aku tadi juga tertidur”.
Cerita yang menarik dari Saudaranya tertua, bahwa sebelum mewabahnya virus corona, ia telah menyelesaikan setoran hafalannya tuntas 30 Juz, jadi sekarang pulang tinggal murojaah dari pertama.
Cerita di atas membuat terharu, ada kemauan kuat pada mereka yang masih muda untuk belajar agama dengan kesungguhan, karena ada kesadaran diri dan keteladanan dari para guru, dengan ikhlas mentransfer ilmu dan mengajarkan ketrampilan bekal kesiapan menjalani kehidupan yang penuh tantangan dan tak kenal lelah.
Di balik tidak sempurnanya perilaku di usia yang masih muda, pasti ada potensi baiknya untuk dikembangkan menjadi kekuatan yang akan mengubah suatu peradaban, jangan pernah remehkan atau kecilkan mereka.
Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin. Semoga bermanfaat. Semoga kita selalu sehat.
Purwosari, 27 Maret 2020
SriMinarti10Bjn