Lintas Mutiara 625
Oleh : BundaSriMin *)
Dimensi sama artinya dengan ukuran atau ruang atau segi.
Banyak perbuatan kebaikan yang dapat dilakukan pada bulan Ramadhan, dari dimensi individual, sosial maupun spiritual.
Dimensi individual puasa Ramadhan dapat menghadirkan rasa bahagia yang tak terkira saat menjelang berbuka, yang tidak bisa diungkap dengan rangkaian indahnya kata-kata, karena dibolehkannya makan makanan yang disuka, setelah seharian penuh menahannya.
Dimensi sosial puasa Ramadhan, dapat menghadirkan rasa simpati empati dan welas asih atau kasih sayang, sehingga keinginan memberikan kemanfaatan pada siapa saja, bahwa kehidupan itu dijalankan tidak bisa sendirian, tapi saling menyempurnakan dan memberikan, karena sama-sama merasakan perihnya lapar seharian.
Dimensi Spiritual puasa Ramadhan, akan tumbuh kedekatan dengan Sang Pengatur Kehidupan, karena banyak kesempatan untuk beribadah maupun mengaji kitab suci, sehingga tumbuh rasa bahwa kesombongan dan keangkuhan tidak sepantasnya melintas di hati dan pikiran, karena tanpa kekuatan dariNya manusia tidak memiliki daya apa-apa.
Puasa Ramadhan dapat mengantarkan menjadi manusia terbaik dari dimensi individual, sosial maupun spiritual apabila dijalankan dengan keimanan dan keikhlasan.
Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin.
Semoga bermanfaat.
Semoga kita selalu sehat.
Purwosari, 30 April 2020
SriMinarti10Bjn
*) DR Sri Minarti Dir Pasca Sarjana IAI Sunan Giri Bojonegoro, Penulis Buku ‘The Ispiring Days’.