Sedekah

Lintas Mutiara 638
Oleh : BundaSriMin
Sedekah berasal dari bahasa Arab “shadaqoh” yang berarti sebuah bantuan ditujukan untuk mencari ridha Allah (Jurjani, At-Ta’rifaat, 1/43).
Rejeki yang diterima oleh manusia, ada bagian untuk di sedekahkan pada yang lainnya, merupakan implementasi ibadah sosial, dan akan ada rasa bahagia pada pemberi dan penerima.
Sedekah dengan memberikan sesuatu terbaik, barang yang masih disayang adalah kemulyaan, dan akan di rasa ringan bagi orang beriman, karena ada kesadaran bahwa harta yang disedekahkan itulah yang pasti akan selalu menemani hingga akhirat nanti, dan tidak takut bangkrut atau miskin, justru akan dilipatgandakan olehNya dari arah yang tidak terduga.
Sedekah yang dilakukan dengan keikhlasan, baik dalam keadaan sempit maupun lapang, dapat menjadikan terhindar dari bahaya atau balak dan kesusahan di dunia dan setelahnya.
Sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, saat yang sangat tepat untuk memperbanyak sedekah, guna mensucikan diri bila mungkin pernah melekukan kesalahan, membersihkan harta bila ada tercampur dengan yang tidak halal.
Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin.
Semoga bermanfaat.
Semoga kita selalu sehat.
Purwosari, 13 Mei 2020
SriMinarti10Bjn