Konsep Waktu

Lintas Mutiara 640
Oleh : BundaSriMin
Konsep atau anggitan adalah abstrak, entitas mental yang menunjuk pada kategori tertentu. Istilah konsep berasal dari bahasa latin conceptum, artinya sesuatu yang dipahami.
Sedangkan waktu atau saat di mana suatu proses berlangsung hingga usai.
Konsep waktu masing masing orang berbeda, dipengaruhi oleh keilmuan dan pemahaman pada tujuan kehidupan, dan mereka menyadari bila materi atau uang bisa dicari, sedangkan waktu diciptakan oleh Sang Kuasa, dan manusia hanya sebagai pengguna.
Terlihat pemandangan di mana-mana, untuk mendapatkan harga yang sedikit lebih murah, orang rela membuang waktu yang cukup lama, padahal sebenarnya bisa tidak, dengan cara membeli yang sedikit lebih mahal, guna memanfaatkan waktu untuk kegiatan yang lebih berharga dan bermakna.
Sebagai ilustrasi, orang rela antri berjam-jam untuk membeli premium, padahal bisa tidak antri bila beli pertamax, berapa selisih harganya, harta bisa di cari, tapi waktu tidak pernah berputar kembali seperti dulu lagi, imbang atau tidak antara waktu yang terbuang dan uang yang di dapat?
Konsep waktu yang baik akan membangun sikap efektif dan efisien, serta tatanan pola hidup yang teratur dan terukur.
Konsep waktu yang benar perlu latihan dan kesungguhan, agar tumbuh sikap kedisiplinan.
Konsep waktu yang baik dan benar akan dapat mengurangi sifat kemalasan, sebagai penyebab kegagalan.
Bulan Ramadhan merupakan saat tepat untuk memperbaiki diri yang dimulai dengan belajar pada konsep waktu yang ditawarkan, yaitu implementasi rukun Islam, syahadat, sholat, puasa, zakat  dan haji,  atau dengan jalan menunaikan ajaranNya.
Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin.
Semoga bermanfaat.
Semoga kita selalu sehat.
Purwosari, 15 Mei 2020
SriMinarti10Bjn