Multi

Lintas Mutiara 666
Oleh : BundaSriMin
Multi dapat diberi makna banyak, lebih dari satu, lebih dari dua. Contoh: multitalenta, multiguna, multilateral dsb.
Di saat ini kondisi yang menghendaki atau mengharuskan bahwa setiap manusia yang menekuni profesi apapun, untuk memiliki multi kecakapan dan pendekatan agar tidak ketinggalan jaman.
Sebagai ilustrasi, di saat pandemi atau memasuki new normal sekarang ini, profesi guru agama Islam, tidak cukup menguasai materi keislaman saja (fiqh, akidah akhlak, al-Qur’an Hadist, SKI) tapi juga menguasai informasi dan teknologi, dan ilmu sosial budaya, agar proses penyampaian atau pembelajaran agama Islam dapat diterima oleh semua kalangan dengan baik serta menentramkan sesuai perkembangan yang terjadi.
Multitalenta juga sepatutnya dimiliki oleh para wanita, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan pasangan, anak dan keluarga lainnya serta pada tetangga, sehingga terjadi keharmonisan, ditambah kemampuan memasak, membantu perekonomian, dan sebagainya.
Multi kecerdasan juga sangat penting dimiliki oleh para lelaki, sebagai pemimpin mampu mendamaikan suasana dan memberikan solusi pada permasalahan yang dihadapi dengan bijaksana.
Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah Swt. asalkan manusia memiliki keyakinan, berikhtiar dan berdoa, yang merupakan perilaku ketaqwaan dan sangat dianjurkan.
Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin.
Semoga bermanfaat.
Semoga kita selalu sehat.
Malang, 15 Juni 2020
SriMinarti10Bjn