interaksi

Tidak Harus Sama

Lintas Mutiara 674
Oleh : BundaSriMin
Banyak anggapan bahwa kemajuan dapat di raih dan dibangun dari unsur yang sama, apakah betul…?
Sejenak diperhatikan atau dianalisis,  bangunan rumah megah merupakan perpaduan atau komposisi yang sesuai dan unsur yang berbeda antara pasir, semen, air, besi, dan bata menjadi tembok, serta adanya nilai seni dari sang insinyur bangunan, jadi tidak harus sama.
Kemajuan satuan pendidikan atau organisasi, agar kuat maka harus di susun dari perbedaan latar belakang pendidikan, pandangan atau pola pikir, dipadukan untuk merumuskan mencapai tujuan, jadi tidak harus sama.
Perbebaan cara pandang atau pola pikir bukan untuk menumbuhkan kebencian, tapi kebersamaan dan persatuan, jadi tidak harus sama.
Pola kepemimpinan yang berkeadilan akan memandang perbedaan sebagai potensi yang dahsyat untuk dirangkul dalam bingkai kerja cerdas yang saling memberi penghormatan dan penghargaan, jadi tidak harus sama.
Kita tidak akan pernah bisa memaksa orang lain untuk sama dengan kita, karena sang kuasa menciptakan dalam perbedaan, cara yang paling indah agar ada kenyamanan dalam berdampingan adalah memahami perbedaan, perluas wawasan untuk meminimalkan ketersinggungan, dan selalu introspeksi diri bahwa setiap saat untuk belajar, berkarya, perkuat mental guna peningkatan kualitas kehidupan kini dan nanti.
Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin.
Semoga bermanfaat.
Semoga kita selalu sehat.
Malang, 24 Juni 2020
SriMinarti10Bjn