akhirnya

Mengandalkan

Lintas Mutiara 704
Oleh : BundaSriMin
Mengandalkan sama dengan menaruh kepercayaan lebih kepada, menggantungkan, atau yang memiliki kekuatan.
Dalam sebuah kisah di negeri antah berantah ada beberapa pejabat atau penguasa yang mengandalkan kekuasaannya pada nasab, kerabat atau teman dekat, agar bisa bertahan lama.
Mengandalkan nasab untuk mempertahankan jabatan boleh saja, tapi alangkah bijak bila disertai dengan upaya meningkatkan kualitas diri, agar kebijakan yang memberi kemanfaatan akan selalu di kenang, dan sebagai jariyah setelah akhir hayatnya.
Mengandalkan teman dekat agar mendapat posisi strategis dengan cara mengesampingkan orang yag berhak menerimanya, bisa menyebabkan ketidak berkahan dalam menjalankan kehidupan.
Mengandalkan kepintaran bisa juga menyebabkan kesombongan, sehingga muncul sikap paling baik dan paling benar serta otoriter, disinilah mengapa harus ada pendidikan keimanan, tidak hanya ilmu pengetahuan dan teknologi.
Tak sepantasnya manusia mengandalkan sepenuhnya pada mahluk ciptaanNya, karena kemampuannya sangatlah terbatas, suatu waktu bisa menjadikan luka atau putus asa.
Dipersilahkan kepada sesama mahluk saling bersinergi, membangun jaringan dan kekuatan untuk peningkatan kualitas atau kepercayaan diri, adapun tempat bergantung sepenuhnya atau mengandalkan segala sesuatunya hanya pada Yang Esa, Allah Swt.
Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin.
Semoga bermanfaat.
Semoga kita selalu sehat.
Bojonegoro, 27 Juli 2020
SriMinarti10Bjn