Terkejut

Lintas Mutiara 740
Oleh : BundaSriMin
Banyak peristiwa di sekitar yang kejadiannya mendadak, di luar logika, tak terduga, membuat terkejut, sehingga jantung berdetak lebih kencang berbeda dari biasanya, bisa menjadikan bahagia atau sebaliknya.
Terkejut sebagai ciri keterbatasan manusia, dengan kesadaran dan kejernihan pikiran sebagai proses latihan dan menjadikan penerimaan kenyataan kehidupan.
Persiapan dalam berbagai bidang menyambut kemungkinan ke depan menjadi mutlak untuk dilakukan oleh orang beriman sekaligus antisipasi dari sikap terkejut.
Keterbatasan kemampuan membaca tanda tanda atau yang tidak tampak oleh indera, menjadikan manusia merasa bahwa sesuatu itu terjadi secara tiba tiba dan membuat terkejut, yang harus diyakini bahwa apa yang terjadi sudah dalam perenencanaanNya.
Urusan dunia tidak pernah ada habisnya, dan beraneka karakter penghuninya, tidak perlu menjadi manusia yang mudah terkejut, menjalani kehidupan dengan keseimbangan antara dunia sebagai jembatan menuju akhirat, tidak menjadikan serakah adalah wujud ketenangan jiwa.
Sang pencipta tidak pernah salah dalam menetapkan takdir untuk para hamba pasti sesuai kapasitasnya, tidak perlu galau, yang sangat penting adalah proses dijalani dengan baik dan benar, hasil akhir diserahkan pada Sang Penentu Segalanya, tidak akan pernah terkejut apapun kejadiannya.
Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin.
Semoga bermanfaat.
Semoga kita selalu sehat.
Bojonegoro, 5 September 2020
SriMinarti10Bjn