Antisipasi

Lintas Mutiara 743
Oleh : BundaSriMin
Menurut KBBI
antisipasi, diartikan :
Perhitungan tentang hal-hal yang akan (belum) terjadi; bayangan; ramalan; Penyesuaian mental terhadap peristiwa yang akan terjadi; dan
perubahan bunyi oleh alat ucap yang menyediakan posisi yang diperlukan untuk menghasilkan bunyi berikutnya;
Mempersiapkan diri dengan bekal keilmuan mendalam, keterampilan dan kekuatan keimanan bentuk antisipasi atau perhitungan menjawab tantangan jaman.
Penyesuaian diri dengan situasi dan kondisi menjadi keniscayaan agar terjadi interaksi dan komunikasi yang harmonis, serta tatanan kehidupan yang menyenangkan.
Perubahan suatu keniscayaan yang tidak dapat dihindari, muda menuju tua, kuat dan perkasa perlahan akan berkurang, penguasa akan menuju masa purna, menyiapkan diri menerima kenyataan kehidupan dengan ikhlas, adalah bentuk antisipasi orang orang yang beriman.
Menjadi manusia yang berusaha mengantisipasi kejadian dalam menjalankan kehidupan, misalkan mengatur pola makan, berolah raga dan selalu menghadirkan rasa bahagia sebagai bentuk kecerdasan menjaga kesehatan, memaksimalkan potensi yang dianugerahkan oleh sang pencipta pada semua hamba, dilanjut kepasrahan padaNya setelah melakukan ikhtiar dengan kesungguhan.
Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin.
Semoga bermanfaat.
Semoga kita selalu sehat.
Bojonegoro, 9 September 2020
SriMinarti10Bjn