Sensitif

Lintas Mutiara 745
Oleh : BundaSriMin
Sensitif merupakan sifat yang mudah sekali merasakan sesuatu perlakuan dari orang lain atau mudah tersinggung.
Perkataan atau sikap orang lain yang sebenarnya tidak ditujukan pada kita, tapi diri merasa tersinggung, hati tersakiti, perlu disadari bahwa bisa jadi  jiwa sedang bermasalah atau lemah, karena adanya perasaan *paling* baik, benar, mulya dari yang lainnya.
Sifat sensitif sebenarnya ada sisi positifnya, yaitu tumbuhnya simpati dan empati atau mengasihi pada orang lain yang di cintai atau yang membutuhkan, dan dangan cepat tergugah hatinya membantu menyelesaikan permasalahan tanpa diminta.
Sensitif adalah rasa yang sangat halus, biasanya dimiliki oleh kebanyakan para wanita, dan sebagian  pria yang merasa keinginannya kurang terpenuhi.
Sensitif yang berlebihan dapat di atasi dangan sifat rendah hati, menerima realitas kehidupan dengan rasa syukur, dan melihat segala sesuatu dari sisi positifnya serta memperluas cakrawala pandang.
Tidak ada manusia yang sempurna, memiliki kelebihan di satu bidang, pasti ada sisi kelemahan yang lainnya,  memperkuat sifat positif dan menepis karakter yang kurang baik adalah keniscayaan hamba yang beriman, akan dapat mengurangi sifat sensitif yang negatif.
Ya Allah ampunilah kekhilafan kami, aamiin.
Semoga bermanfaat.
Semoga kita selalu sehat.
Purwosari, 11 September 2020
SriMinarti10Bjn